Minggu, 24 Januari 2016

Mengapa perlu belajar renang?

Berenang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat terutama di kota-kota besar seperti halnya Bandung. Kolam renang sudah tersebar disetiap pelosok kota dan kabupaten, dengan berbagai motif dan biaya tiket masuk berbeda-beda dari mulai harga 10.000 sampi 75.000. Namun di kota kembang ini masih ada juga masyarakat yang belum mengetahui esensi dan makna dari berenang. Mengapa kita harus belajar renang? dan apa manfaatnya? itu yang harus dipahami terlebih dahulu. 
Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang, dan merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi. Berenang terbilang minim resiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas, gangguan pernafasan, ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis.
Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain:
1. Membentuk otot
    Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Ketika bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus melawan massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan muscles body/otot-otot tubuh.
2. Meingkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru
    Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru, yang artinya bahwa berenang adalah latihan aerobik yang dilakukan dalam air.
3. Menambah tinggi badan
    Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh lebih tinggi, khususnya bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya. 
4. Melatih pernafasan
    Sangat dianjurkan bagi orang yang terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem cardiovascular dan respirasi dapat menjadi kuat. Pernafasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa menahan nafas lebih lama.
5. Membakar kalori lebih banyak
    Saat berenang tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Sehingga membutuhkan energi yang lebih tinggi, karena dapat membakar sekitar 24 % kalori tubuh.
6. Self safety
    Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut, tenggelam, dll).
7. Menghilangkan stress
    Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas dari kegerahan. 
Catatan:
Sebelum berenang, agar tubuh tidak "kaget" dianjurkan melakukan gerakan pemanasan, untuk mencegah kram otot, meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap. Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan, jogging seperti streching statis dan dinamis, dilakukan dipinggir kolam renang selama 10-15 menit.  Setelah selesai berenang juga harus melakukan pendinginan, agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis, dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit. 

Tidak ada komentar: